FASILITAS CHATING
STATISTIK PENGUNJUNG
Online : 3 Users
Hari Ini :
Kemarin :
Bulan Ini :
Tahun Ini :
Total :
KALENDER
September 2019
Mngu
Senin
Selsa
Rabu
Kams
Jumat
Sabtu
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
-
-
-
-
-

Destinasi Wisata Lampung Barat Semakin Meningkat

Tanggal :20-03-2018, Oleh Admin

Destinasi Wisata Kabupaten Lampung Barat dari tahun ke tahun semakin meningkat, seperti yang di paparkan oleh Sahri Kasi Pengembangan Destinasi Objek Wisata (Dinas Pariwisata dan Olahraga).

Sahri mengatakan bahwa pengembangan Wisata dari tahun ke tahun mengalami peningkatan khususnya dalam peningkatan Sarana dan Prasarana. Seperti contoh Wisata Lumbok Seminung, kini sudah dibangaun Dermaga dan kios.

Selanjutnya di tahun 2018 ini Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga semakin gencar mengembangkan Destinasi Wisata secara Besar-besaran. Salah satu contoh Wisata "Gerday" yang ada di Bawang Bakung pekon Negri Ratu Kecamatan Batu Brak akan dibangun seperti Gazebo, Toilet, Kios, dan Tempat Parkir. Kemudian akan dibangun juga hal yang serupa seperti Gazebo, Toilet, Kios, Serta Tempat Parkir di Wisata Air Terjun Cengkaang Way Petai Kecamatan Sumber Jaya.

Dengan dibangunnya Gazebo, Toilet, Kios, Serta Tempat Parkir Tersebut diharapkan akan memberikan kenyamanan para wisatawan.

Sahri menambahkan, dibangunnya Kios akan dijual berbagai Cindera Mata hasil kerajinan Daerah serta oleh-oleh Kuliner Khas Lampung Barat Seperti salah satunya Kopi.

Tahun 2018 ini juga direncanakan Pengembangan Wisata Pinusan yang ada di Sumber Jaya yang kini sedang perencanaan Desain Gambar (DED) atau tata letak lokasi dalam pembangunan yang direncanakan Tuhun depan.

Kemudian Wisata Suoh, Pengembangan Wisata Suoh yang selama ini belum terangkat kini mulai tahun 2017 Dinas Pariwisata sudah melaksanakan Fasibiliti Studi (FS) kelayakan Unsur-unsur Pengembangan Pariwisata. Kemudian di tahun 2018 ini dibuat penyusunan Master Plan (Rencana Pengembangan Destinasi) yang telah direncanakan secara rinci untuk tahun depan.

Dengan tujuan kedepan diharapkan kunjungan para Wisatawan semakin meningkat. Karena mengingat Destinasi Wisata yang ada di Lampung Barat sudah mencapai 76 Destinasi Wisata termasuk Kebudayaan dan peninggalan Batu-Batu yang tercantum dalam Rencana Induk Penhembangan Pariwisata Daerah (Rippda).

Kemudian dalam Pemasaran Destinasi Wisata, Menurut Marzuk Kabid Pemasaran Destinasi Wisata,  dalam Pemasarannya menggunakan media Seperti Banner, Media Elektronik, serta media sosial seperti Facebook, Instagram, Blog, dan lain-lain.

Selain itu, dalam metode pemasarannya dengan dilaksanakannya Pameran Destinasi Wisata yang didukung dengan Pameran Produk Lampung Barat salah satunya yaitu Kopi Robusta serta pameran Produk UMKM Masyarakat Lampung Barat.

Kemudian untuk pengunjung Wisata Lampung Barat, Marzuk menambahkan bahwa Wisata Lampung Barat ditahun 2017 telah dikunjungi sekira Belasan Ribu pengunjung dari berbagai daerah Lokal Maupun Non Lokal.

Dalam meningkatkan Pengunjung Wisatawan Lampung Barat, Dinas Pariwisata akan tetap melaksanakan even-even seperti even Festifal Lumbok Seminung yang akan dilaksanakan pada bulan April dan Festifal Skala Brak yang akan dilaksanakan Bulan Juli mendatang.

Dalam Even Festival Lumbok Seminung akan diadakan macam perlombaan seperti Lomba Perahu, Paralayang dan lain-lain. Dalam perlombaan tersebut bisa di ikuti oleh peserta dari asal daerah Lampung Barat maupun luar Lampung Barat. Sedangkan untuk Festifal Skala Brak yang memang dilaksanakan secara rutin setiap tahun di khususkan mengenai Kebudayaan seperti Topeng Sakura, Nyambai dan Tari asli Lampung Barat.

Selain diadakannya berbagai Even dan Pameran, Akan diadakannya pula Rukun Adat atau bisa dikenal dengan Rapat Besar yang dihadiri oleh berbagai Tokoh-Tokoh Adat yang ada di seluruh Lampung Barat. Dalam rapat tersebut akan dibahas mengenai arah kebijakan dan masukan-masukan atau sumbang saran kepada Pemerintah untuk melestarikan Budaya yang ada di Lampung Barat.

Dengan harapan kedepan dalam pelaksanaan even-even tersebut semoga bisa mendongkrak pengunjung Wisatawan Lokal maupun Non Lokal semakin meningkat.



LINK TERKAIT
INFO PENTING
SEGERA AKTIFKAN KARTU SIM ANDA AGAR ANDA DAPAT AKSES DENGAN MUDAH